Monday, January 30, 2012

DNS Google Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet

Seperti yang kita ketahui internet provider di Indonesia memiliki kelemahan dalam segi layanannya, mulai dari koneksi yang lambat, dan download yang terputus2. langsung aja ya, aku akan mengatakan semuanya bagaimana mempercepat koneksi internet dengan mengganti DNS server sobat menjadi DNS server milik google. Cara ini juga bisa mengatasi masalah seperti kesulitan mengakses situs-situs tertentu, karna ada beberapa provider internet di Indonesia yang memblokir situs-situs tertentu seperti situs dengan domain blogspot.



DNS google untuk IPv4 :
  • 8 . 8 . 8 . 8
  • 8 . 8 . 4 . 4
DNS google untuk IPv6 :
  • 2001:4860:4860::8888
  • 2001:4860:4860::8844
Untuk cara menggantinya, ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Buka "control panel" pada komputer sobat
  2. Buka "network connection"
  3. Klik kanan dan pilih "properties" pada koneksi internet yang sobat gunakan. Jika sobat menggunakan kooneksi dial up, maka buka "properties" yang dial up. (lihat gambar)

  4. Setelah muncul jendela "Network Connection" pilih "Internet Protocol (TCP/IP)" lalu klik "Properties". (lihat gambar).

  5. Setelah itu silahkan sobah ganti preffered dan alternate DNS server dengan DNS milik google sesuai dengan versi IP sobat. (lihat gambar)

  6. jika sudah, sobat klik "Ok" pada jendela "Network Connection". Sampai disini sebenarnya sudah cukup untuk mempercepat koneksi internet sobat serta mengatasi masalah situs2 yang tidak bisa dibuka.
  7. Jika sobat ingin kecepatan koneksi internet sobat lebih cepat lagi, sobat bisa uncheck pada pilihan "QoS Packet Scheduler" lalu klik "Ok". (lihat gambar).

  8.  Setelah itu disconnect koneksi internet sobat lalu connect kembali, silahkan sobat rasakan perbedaannya.
Untuk aku pribadi, cara ini sangat efektif karna ada situs dengan domain yang aku sebutkan diatas yang diblokir oleh provider internet yang aku gunakan, terlebih blog ku menggunakan domain tersebut. dengan menggunakan cara ini situs2 tersebut sudah bisa diakses kembali dan koneksi internet pun lebih kencang.

Jika sobat suka dengan postingan ini, silahkan sobat click "Like" Ok...!
Thengkyou for coming....

    2 comments:

    1. Hallo, saya dari Semar Bingung's Weblog. Salam kenal dan terimakasih atas uraian yang diberikan dalam artikel ini, serta terimakasih pula karena telah berkenan mengunjungi blog saya.

      ReplyDelete
    2. saya menggunakan D-Link server,apa perubahan tersebut tidak mempengaruhi kode pada D-link bawaan

      ReplyDelete