Thursday, January 12, 2012

Menghilangkan Kantuk Dipagi Hari

"Bangun tuh pagi-pagi, kalo bangun siang-siang rejekinya nanti dipatok ayam"

"Habis shalat subuh jangan tidur lagi, nanti rejekinya dipatok ayam"


Siapa yang tidak pernah mendengar kalimat diatas, aku yakin semua orang familiar dengan kalimat yang diatas bahkan sampai bosen dengernya, termasuk aku...Sebagai orang yang masih menunggu panggilan kerja, akhirnya aku ga punya kegiatan dirumah, alhasil ya tidur lagi setelah shalat subuh. Makanya quote tersebut sering banget aku denger, udah apal banget deh gimana nada bicara mama kalo lagi teriak begitu. pokoknya paling sebel kalo mama ku udah teriak2 seperti itu, padahal lagi enak-enak tidur...hehe


Tapi ku fikir ga da salahnya coba-coba ga tidur lagi setelah shalat subuh...toh ngikutin pesen orang tua selama tidak diluar batas agama, harus diikutin kan...apa lagi bangun pagi juga kan katanya bisa bikin sehat dan segar.

Nah akhirnya aku terpaksa deh ga tidur lagi setiap setelah shalat subuh.

Ni dia caraku ngubah kebiasaan tidur ku setelah subuh.
Rutinitas ku setelah subuh itu biasanya sama mama ngaji trus setelah ngaji langsung tidur lagi sampeeeee jam 9.... :"). tapi kuubah rutinitas tidur jadi ga tidur lagi, pertama-tama rasanya berat banget, males, ngantuk, lemes, mana cuaca lagi dingin, paling enak emang dibawa tidur lagi. tapi ku kuatkan niat biar ga tidur lagi. biar ga ngantuk lagi aku paksain badan ku untuk olah raga 30 menit lari2 kecil gitu didepan rumah. dan hasilnya mataku langsung ngjreng, ngantuk ilang. aseeek...
Setelah itu baru mandi. Dan ternyata emang bener, rasanya badan seger banget dan kantuk pun ilang plus rasanya badan sehat gitu walaupun baru sekali nggejalaninnya. Sampe sekarang, akhirnya rutinitas pagiku berubah. bangun tidur -> shalat subuh -> ngaji -> olah raga -> mandi -> baru ngelakukin kegiatan lainnya. Mantab.... :)

Dan ternyata bangun siang itu ada efek negative nya lo...bukan cuma rejekinya yang dipatok ayam, berikut negative dari bangun siang:

Bangun tidur pada waktu berbeda bisa memunculkan dampak buruk pada kesehatan.
 
Pada hari kerja, Anda pasti bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Tetapi saat libur atau cuti panjang yang biasanya terjadi adalah Anda bangun sesiang mungkin seakan 'balas dendam', karena setiap hari bangun pagi.

Padahal bangun tidur pada waktu yang sama setiap harinya akan membuat Anda merasa lebih baik. Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak perlu menekan tombol untuk menghentikan alarm di ponsel atau jam weker saat hari libur. Karena, bangun tidur pada waktu berbeda bisa memunculkan efek negatif, yaitu.
  1. Masalah metabolisme
    Jika Anda tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Anda akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.
  2. Lesu
    Tidur berlebihan akan membuat Anda merasa lesu karena metabolisme Anda masih bekerja dalam 'set' malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika Anda benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.
  3. Kehilangan waktu produktif
    Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran Anda masih segar. Jika Anda tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga, Anda harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.
  4. Disorientasi
    Tidur terlalu lama membuat Anda sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak bisa berhenti otak akan membuat Anda merasa lapar.
  5. Sakit kepala
    Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika Anda tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan. Jadi, pikirkan lagi jika Anda ingin tidur lebih lama.
sumber : dampak negative dari bangun siang

Gimana temen2? masih mau bangun siang? ga kan, ga kan, ga kan? intinya untuk ngubah kebiasaan mu bangun siang itu harus niat dulu yang pertama. trus sebelum tidur berdoa agar lebih dkuatkan lagi untuk bangun pagi2.

Ok, kalo temen2 punya tips lain yang lebih ampuh, silahkan di share di kotak komentar ya...kalo merasa artikel ini bermanfaat, silahkan di 'like'. terimakasih atas kunjungannya.

1 comment: