Saturday, January 21, 2012

Kunyit Sahabat Datang Bulan

Wanita, siapapun dia, dimanapun dia berada, jika sudah memasuki usia remaja pasti akan dihadapkan dengan satu permasalahan yang cuma wanita yang mengalaminya. Yup benar sekali, Haid...! Tamu yang datang tanpa diundang ini bukan saja mengganggu aktivitas para wanita karna harus extra hati2 takutnya bocor ditengah2 aktivitas, tapi juga kerap kali membuat para wanita fakum dari aktivitasnya diakibatkan nyeri yang amat sangat ketika sedang datang bulan.

Aku sendiri termasuk salah satu wanita yang selalu terganggu dengan masalah nyeri haid setiap kali datang bulan. Pokonya kasurku bisa langsung ancur kalo perutku udah mulai sakit, karna sakitnya itu parah banget, sampe bikin aku narik2 sprei. Alhasil aku jadi langganan deh sama yang namanya obat nyeri haid, mana tu obat harganya lumayan mahal lagi, satu strip 120rb. lumayan kan bisa buat nraktir bakso 1 kelas. hehe...



Lama2 aku mulai agak serem juga kalo keseringan minum obat nyeri haid, takutnya ada efek negatif ke rahim aku kan bahaya, aku beralih dari minum obat ke minum kunyit setiap kali sedang nyeri haid. dan hasilnya juga nyeri haid aku hilang beberapa menit setelah aku minum kuyit.

Sebenernya udah lama juga aku denger kalo kunyit bisa nyembuhin nyeri haid, tapi kan males juga kalo harus bikin dulu tiap sedang datang bulan, orang lagi sakit kok harus bikin2 kunyit dulu bangun aja susah. tapi karna dah niat ga mau lagi minum obat2 kimia gitu, akhirnya aku selalu siap2 dah bikin kunyit kalo dah ngerasa datang bulan akan menghampiri, atau aku kan selalu catet jadwal datang bulan ku jadi aku tau kapan si tamu akan datang. kira2 2 hari sebelum datang bulan aku dah bikin kunyit. trus masukin kulkas deh biar awet. pas diminum juga jadinya enak, karna dah dingin.

Nah buat para sobat wanita yang mau beralih dari minum obat ke minum kunyit, ni dia aku akan mengatakan semuanya gimana caranya bikin jamu kunyit...

Resep dibawah untuk ukuran gelas cangkir (200ml)
  1. Kupas dan cuci bersih 2 ruas kunyit ukuran sedang. Biasanya si aku suka males ngupasnya karna bikin tangan ku jadi kuning, jadinya aku cuci bersih aja kunyitnya pake disikat dengan sikat gigi bersih yang emang dah aku khusussin tuk kunyit.
  2. Parut kunyit yang dah dicuci tadi. Atau kalo mau lebih aman lagi biar tangan ga kuning2, di ulek aja kunyitnya. Itu juga caraku ngindarin tangan kuning2.
  3. godok kunyit yang sudah diparut/diulek dengan air 1 gelas yang panjang. Biarkan sampai mendidih dan kira2 airnya sudah menyusut hingga tinggal secangkir 200ml.
  4. Saring kunyit yang sudah digodok. Biarkan hingga dingin, bila mau beri gula sesuai selera sobat. Biasanya kalo lagi ada madu dirumah, aku campur madu. tapi kalo ga ada, ya pake gula aja. Baru masukkan kedalam kulkas.
Gimana sobat? tertarik kah beralih ke kunyit?

No comments:

Post a Comment